CARA MUDAH INSTALASI APLIKASI SERVER UAMBNBK 2018


Info Menarik - Ujian di dalam dunia pendidikan sangatlah penting, atau dapat dibilang vital di dalam proses belajar mengajar di sekolah. Ujian merupakan sebuah kegiatan yang dijadikan sebagai sarana tolak ukur bagi pelaksana kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah akan sejauh mana hasil KBM tersebut berjalan apakah sudah mencapai standar atau target yang ditentukan oleh pemerintah pusat dalam hal ini menteri pendidikan dan kebudayaan (KEMDIKBUD) apakah kurang, tercapai atau bahkan memuaskan.

Secara umum, setiap sekolah diberikan wewenang dalam melaksanakan ujian tersebut dengan berbagai macam jenis ujian yang telah ditentukan oleh KEMDIKBUD. Perlu anda ketahui bahwasannya di Indonesia ini selain sekolah juga terdapat madrasah. Jika sekolah di bawah naungan DIKNAS seperti SD, SMP, SMA, SMU, SMK dan SMEA, maka madrasah ini di bawah naungan Kementerian Agama (KEMENAG) bidang Pendidikan Madrasah (PENDMA) yaitu terdidi dari RA, MI, MTs, MA. Kalau anda mengetahui pada sekolah umum yang berada di bawah naungan diknas mempunyai berbagai ujian kompetensi seperti Ulangan Harian (UH), Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Nasional (UN), Ujian Sekolah(US), maka di madrasah juga memiliki jenis ujian yang sama dengan ada tambahan Ujian Akhir Madrasah (UAM). 

Nah, ditahun 2018 ini selain UN yang dilakukan dengan menggunakan media komputer atau biasa disebut UNBK, maka di madrasah pun juga akan diadakan UAM yang berbasis komputer atau istilahnya UAMBNBK (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional dan Berbasis Komputer). Mirip dengan UNBK yang ada saat ini, UAMBNBK juga membutuhkan Komputer Server Lokal dan Client. Aplikasi yang dipakai pun juga berbeda antara komputer dan komputer client. Kali ini saya akan membahas tentang cara instalasi aplikasi yang diguanakan pada komputer server.

1. Siapkan Komputer Server dan Klien 
Baik, pertama yang perlu kita siapkan adalah komputer yang akan kita gunakan sebagai server lokal. teentunya dengan spesifikasi yang telah ditetapkan oleh Kemenag yaitu sama dengan yang dipakai pada UNBK. 

2. Download / Copy Aplikasi UAMBNBK
Setelah komputer server telah siap maka anda perlu meminta aplikasi untuk UAMBNBK di pada Pendma di Kemenag kabupaten atau kota dimana madrasah anda berada. 

3. Extrak Aplikasi 
Setelah anda mendapatkan aplikasi dalam bentuk zip/rar yaitu UAMBNBK.v1.2. maka ekstraklah terlebih dahulu sehingga seperti gambar berikut.

jika telah terekstrak, baca terlebih dahulu README-DULU.txt untuk mengetahui Username dan Password instalasi.

4. Instalasi
setelah anda mengetahui usermane dan password instalasi maka silahkan memulai instalasi dengan klik 2 kali atau klik kanan dan run administrator pada file UAMBK.v1.2-SetUp.exe sehingga tapil seperti berikut.
anda dapat mengisi kolom user name dan organisation sesuai dengan madrasah anda dan Serial number dapat anda lihat pada file serial_number.txt. Setelah semua terisi maka tombol "next" akan menyalan dan anda dapat melanjutkan instalasi sehingga muncul tampilan berikut.
di tahap ini anda dapat menentukan di direktori mana letak aplikasi akan terinstal. Kalau sudah yakin silahkan klik tombol "next" untuk melanjutkan, ikuti proses hingga selesai. Jika telah selesai maka akan muncul tampilan seperti berikut.
anda dapat klik tombol "Finish" untuk membuka aplikasi. Sehingga muncul tampilan berikut.
jika tombol "start" tidak dapat diklik maka server aktif dan sebaliknya jika tombol "stop" tidak dapat diklik maka server dalam keadaan mati atau dengan kata lain belum diaktifkan.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon